5 Cara Mencegah Ac Bocor

Cara Mencegah Ac Bocor – Apakah Anda sudah memiliki AC di rumah? AC atau Air Conditioner adalah sebuah perangkat elektronik yang berguna untuk mendinginkan suatu ruangan. Apalagi kita tahu bahwa Indonesia adalah negara tropis. Bahkan ada beberapa daerah yang suhunya naik. Di zaman sekarang ini, memiliki AC sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Dengan adanya AC, ruangan menjadi lebih sejuk. Kita juga bisa lebih nyaman di dalam kamar. Apalagi saat kita harus melakukan aktivitas seperti pekerjaan yang membuat kita bisa fokus tanpa merasa kepanasan.

Ada banyak merek AC di pasaran. Semuanya menawarkan keunggulannya masing-masing. Kondisioner apa pun yang Anda beli, Anda perlu merawat kondisioner agar kinerjanya tidak turun. Jangan menggunakan AC hanya tanpa memperhatikan kondisinya, yang akan menyebabkan AC bocor.

Beberapa Cara untuk Mencegah AC Bocor

Cara Mencegah AC Bocor
Cara Mencegah AC Bocor

Ada beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan agar AC tidak bocor di rumah Anda. Apa saja tips ini? Cek penjelasannya di bawah ini.

Servis Ac Anda Secara Rutin

Apapun merk ac yang Anda gunakan, tentunya Anda harus merawatnya secara rutin. Yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi AC secara berkala. Jika Anda belum berpengalaman dan tidak tahu kapan waktu terbaik untuk service AC, Anda bisa bertanya ke toko tempat Anda membeli AC atau menghubungi jasa service ac terdekat .

Namun secara umum, perlu dilakukan pengecekan minimal setiap dua bulan sekali. Meskipun mungkin berbeda karena tergantung seberapa sering Anda menggunakan AC. Jadi, Anda masih perlu mengajukan pertanyaan ke toko. Dari sini Anda akan mendapatkan informasi tentang waktu terbaik untuk service AC. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari masalah AC bocor yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda.

Periksa Saluran Pembuangan Ac

Setiap kondisioner pasti memiliki saluran pembuangan. Fungsinya untuk mengeluarkan air dari unit AC. Karena saluran ini selalu basah, bahkan sedikit kotoran dapat menyebabkan jamur dan lumut tumbuh di sekitar saluran pembuangan. Akibatnya, selokan menjadi tersumbat. Saat sumbatan semakin besar, kondisi ini kemungkinan akan menyebabkan kebocoran. Jadi, selalu periksa kondisi saluran pembuangan AC dan jangan biarkan alga atau jamur menumpuk.

Periksa Saluran Kondensasi Ac

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kebocoran AC adalah dengan memeriksa saluran kondensasi. Bagi yang belum tahu, condensing duct adalah saluran yang digunakan sebagai tempat masuknya udara hangat dan lembab. Udara kemudian dihembuskan ke saluran kondensasi untuk didinginkan.

Bila Anda menggunakan AC dalam waktu lama dan tidak dibersihkan, kemungkinan besar saluran ini akan tersumbat juga. Akhirnya, saluran juga bisa bocor. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa saluran kondensasi secara berkala agar tidak terjadi kebocoran AC.

Perhatikan Saat Memasang AC

Terkadang, proses pemasangan AC yang salah dapat menyebabkan kebocoran. Sebenarnya ini terdengar sederhana, tetapi saat memasang AC, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Anda juga harus memeriksa setiap bagian atau komponen apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bertanya kepada orang lain yang ahli dalam memasang AC. Jangan memaksakan diri untuk memasang AC sendiri agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Akan lebih baik menanggung biaya pemasangan AC daripada harus menanggung resiko kebocoran AC.

Cegah Evaporator Ac Membeku

Cara kelima untuk mencegah AC bocor adalah dengan tidak membiarkan koil evaporator membeku. Setiap AC memiliki koil evaporator yang terletak di dalam unit AC. Saat kumparan dibekukan, proses peleburan akan berlangsung relatif lambat.

Kemudian mengarah pada munculnya tetesan air. Ketika tetesan air semakin banyak, maka akan menyebabkan AC bocor. Untuk alasan ini, sangat penting untuk memeriksa koil evaporator dan tidak membiarkannya membeku.

Leave a Comment